PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Untirtra

By Pascasarjana 12 Feb 2019, 09:48:45 WIB Jurusan


PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Keterangan Gambar : Pengabdian Kepada Masyarakat


KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI MAGISTER PBI PASCASARJANA UNTIRTA

Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu butir Tridarma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian dapat dilakukan dalam pelbagai bentuk atau cara, salah satunya adalah melakukan penyuluhan dan pelatihan yang ditujukan kepada masyarakat sasaran di lingkungan sekolah. Sejalan dengan itu, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan pengabdian yang berhubungan dengan kompetensi keilmuan bahasa Indonesia dan metodologi penelitian. Kegiatan pengabdian itu direalisasikan dalam bentuk pelatihan penyusunan surat dinas dan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 1, Kecamatan Carita, Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten

Kegiatan Pelatihan Penyusunan Surat Dinas dan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-guru Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 1, Kecamatan Carita, Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten dilaksanakan karena dosen-dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa perlu berkiprah nyata memberikan solusi terhadap permasalahan riil yang ada di masyarakat sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimiliki. 

Melalui kegiatan ini, dosen-dosen mengabdikan ilmu dan kemampuannya untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sebagai sasaran pengabdian dalam hal penyusunan surat dinas dan penelitian tindakan kelas. Dengan melaksanakan kegiatan semacam ini, diharapkan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dapat diketahui eksistensi dan perannya secara lebih luas oleh masyarakat di wilayah Provinsi Banten.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 - 27 Oktober 2018, dan bentuk pengabdian ini adalah pemaparan materi dan simulasi atau praktik penulisan surat dinas dan proposal penelitian tindakan kelas. Setelah pemaparan oleh instruktur atau narasumber, dilakukan diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber untuk penyamaan persepsi, pendalaman masalah, dan pencarian solusi. Kegiatan berikutnya adalah menyusun surat dinas dan proposal penelitian tindakan kelas. Surat dinas dan proposal yang disusun peserta kemudian diulas dan dianalisis kesalahannya oleh instruktur sehingga guru-guru mendapatkan umpan balik.

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

035033


Pengunjung Hari ini : 168
Total pengunjung : 35033
Hits hari ini : 531
Total Hits : 143160
Pengunjung Online : 1