STUDIUM GENERAL
STUDIUM GENERAL PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

By Pascasarjana 13 Sep 2019, 13:30:26 WIB Jurusan


STUDIUM GENERAL

Hari ini, Tanggal 7 September 2019 bertempat di Aula Gedung A Lantai 4 Kampus Pakupatan diadakan Stadium General (kuliah umum) Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Untirta dengan tema: ICT and English Learning in the Industrial Revolution Era 4.0. Acara ini dibuka oleh Direktur Pascasarjana Untirta Dr. H. Suherman, Drs., M.Pd. Dalam sambutannya Pak Direktur menegaskan bahwa Untirta khususnya Pascasarjana Untirta khususnya Magister Pendidikan Bahasa Inggris terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas termasuk meningkatkan mutu pembelajaran, salah satunya dengan mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran; pembelajaran bahasa Inggris. 

Diundang sebagai pembicara dalam kegiatan ini Ibu Dr. Dharmahusni, M.A. senior lecturer dari Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ibu Dharma menjelaskan tentang 3 hal: revolusi industri, ICT, dan pembelajaran bahasa Inggris. 

Revolusi industri selain mengandung harapan dan perubahan juga berisikan pertumbuhan pada optimasi sehingga pekerjaan manual manusia tinggal 9%. Termasuk anak-anak yang sedang menjalani bangku kuliah dan lulusan lembaga pendidikan juga akan mengalami dampak yang sama, tidak mendapatkan kesempatan dalam lapangan kerja. Sehingga, tidak bisa tidak lembaga pendidikan harus menyesuaikan dengan perkembangan revolusi industri. Bagaimana dunia kerja industri sekarang ini harus diantisipasi oleh sekolah atau lembaga pendidikan.

Beliau memberikan daftar berbagai keterampilan yang harus dipersiapkan dalam menghadapi tantangan industri 4.0 seperti: complex problem solving, coordinating with others, people management, etc. 

 

Setiap peserta diminta untuk memilih satu dan diminta membahas alasan mengapa memilih keterampilan tersebut. Misalnya, berpikir tingkat tinggi harus mengacu dalam pembelajaran berdasaran taksonomi bloom yang revisi yaitu: mengingat, memahami, menerapkan (LOT), menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi (HOT). Kebanyakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih dalam ranah LOT belum HOT.

Dalam kaitan pembelajaran secara umum dan pembelajarab bahasa Inggris secara khusus, pengintegrasian ICT dalam pembelajaran merupakan keniscayaan. Guru di berbagai jenjang harus melek ICT atau tidak boleh menghindari ICT. Menurut UNESCO ada 3 pendekatan pembelajaran menggunakan ICT; technology literacy, Knowledge deepening, and knowledge creation. Selain itu ada 6 garapan guru dalam ICT; undestanding ICT in education, curriculum asesment, pedagogy, ICT, organization and administration, and teacher professional learning. 

Jika tidak memamah atau mendapatkan ini maka siswa/lulusan tidak akan bisa bertahan atau bersaing dalam dunia global. Pertanyaanya: apakah semua ini sudah ada? Jika belum ada maka perlu penyesuaian atau revisi kurikulum. Sehingga mutu lulusan akan sesuai dengan permintaan dan perkembangan global. (Jh.Psc.Doc).

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

040922


Pengunjung Hari ini : 63
Total pengunjung : 40922
Hits hari ini : 372
Total Hits : 173758
Pengunjung Online : 1