Magister Administrasi Publik

By tommy 13 Sep 2018, 10:21:43 WIB


Pendahuluan 

Nama Program Studi : Magister Administrasi Publik
Alamat : Jalan Raya Jakarta KM. 4 Pakupatan
Kode Pos : 42121
Kabupaten/Kota : Serang
Nomor Telp. : 0254-280330
Email : map.pascauntirta@yahoo.com
Website : http://pasca.untirta.ac.id/
Gelar yang lulusan : S-2 Magister Administrasi Publik
Deskripsi Singkat : Pendirian Program Studi Magister Administrasi Publik didorong oleh keinginan untuk turut serta mengembangkan manajer-manajer publik, pengembangan profesionalisme dan kompetensi birokrat. Manajer yang mampu menyusun kebijakan publik sesuai dengan tantangan dan peluang yang dihadapi bangsa Indonesia. Manajer–manajer unggul sangat dibutuhkan baik pada tingkat pemerintahan daerah maupun pada tingkat pemerintahan pusat
     

A. Visi, Misi, Tujuan 

Visi 

Menjadi program studi yang unggul di bidang penelitian dan pengembangan ilmu administrasi publik berbasis kearifan lokal, di lingkungan nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dibidang ilmu administrasi publik berbasis penelitian, guna membangun sinergitas antara administrasi publik dengan pembangunan nasional yang berbasis kemajemukan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka menciptakan nilai-nilai administrasi publik dimasyarakat.
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilan lulusan-lulusan yang berkualitas serta profesional dibidang kebijakan publik dan manajemen publik.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademik dalam   bentuk kemitraan dengan lembaga pemerintahan, dunia usaha dan industri serta masyarakat secara inovatif dan kreatif.

Tujuan 

  1. Memiliki kegiatan-kegiatan yang bersinergitas antara bidang administrasi publik dengan pembangunan yang berbasis kemajemukan di masyarakat.
  2. Menjadikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang administrasi publik sebagai kegiatan yang membudaya di kalangan dosen dan mahasiswa MAP.
  3. Menghasilkan lulusan-lulusan MAP yang berkualitas dan profesional di bidang kebijakan publik dan manajemen sehingga bermanfaat signifikan bagi masyarakat.
  4. Memiliki kegiatan-kegiatan akademik yang inovatif dan kreatif dengan Stakeholder MAP.

B. KOMPETENSI LULUSAN 

Lulusan dari Magister Administrasi Publik (MAP) Pascasarjana Untirta dapat memiliki kemampuan untuk menjadi akademisi dalam bidang administrasi publik dengan kemampuan merancang, melaksanakan dan mempublikasikan penelitian; manajer sektor publik yang mampu melaksanakan kebijakan publik dengan inovasi untuk mengatasi kompleksitas yang lahir dari perubahan sosial dengan menggunakan perkembangan teknologi termasuk dalam pelayanan publik dengan manajemen SDM yang efektif; pengambil kebijakan yang mampu membuat berbagai alternatif kebijakan dengan berbagai pendekatan.

Berikut adalah kompetensi sikap, penguasaan pengetahuan, keterampilan khusus dan keterampilan umum yang merupakan capaian pembelajaran Program studi Administrasi Publik Pascasarjana Untirta.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal oranglain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat danlingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  11. Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas.

Penguasaan Pengetahuan 

  1. menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi, governansi publik, kebijakan publik, dan manajemen publik.
  2. menguasai pendekatan berpikir sistem
  3. menguasai teori-teori pembangunan, sosial, dan ekonomi politik.
  4. menguasai teori manajemen perubahan serta manajemen stratejik dan manajemen kinerja.
  5. Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik
  6. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.

Keterampilan Khusus 

  1. mampu memformulasikan alternatif kebijakan publik berdasarkan prinsip- prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.
  2. mampu menyusun rencana strategi implementasi sebuah kebijakan publik jangka pendek (berupa program, kegiatan, dan rencana aksi) serta memimpin dan menatakelola sebuah kegiatan dalam implementasi kebijakan publik
  3. mampu melakukan evaluasi kebijakan publik yang berbasis teknologi informasi untuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak (impact) dari sebuah kebijakan.
  4. Mampu melakukan inovasi dalam pelayanan publik untuk mengatasi tantangan dan kompleksitas yang lahir dari perubahan sosial dengan menggunakan perkembangan teknologi.
  5. Mampu mengelola manajemen sumber daya manusia di sektor publik dengan semangat reformasi birokrasi mengikuti berbagai perubahan yang terjadi. 
  6. Mampu menyusun rencana penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi serta menuliskan dan mempublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional.

Keterampilan Umum 

  1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian  ilmiah, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. mampu menyusun  ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. mampumengambilkeputusandalam konteks menyelesaikan  masalah  pengembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, ?menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

C. BAGAN ALUR MATA KULIAH 

D. DISTRIBUSI MATA KULIAH 

Sebaran Mata Kuliah 

Sebaran Mata Kuliah Per Semester 

E. METODE PEMBELAJARAN 

 

Kode Model Pembelajaran 
A Small Group Discussion (SGD)
B Simulasi/Demonstrasi (S&D)
C Discovery Learning (DL)
D Self Directed Learning (SDL)
E Cooperative Learning (CL)
F Collaborative Learning (CbL)
G Experimental Learning (ExL)
H Contextual Instruction (CI)
I Project Based Learning (PjBL)
J Case Study (CS) =studi kasus
K Computer Aided Learning (CAL)
L Laboratorium Based Learning (LBE)
M Problem Based Learning (PBL)
   

F. DESKRIPSI MATA KULIAH 

NO. MATA KULIAH DAN DESKRIPSI KETERANGAN
1. Teori-teori Ilmu Sosial Matrikulasi
  Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang perkembangan teori dalam ilmu sosial dan beberapa grand theory sebagai dasar bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang keilmuan non  administrasi publik/non sosial untuk memahami perkuliahan selanjutnya di magister administrasi publik.  
2. Dasar-dasar Ilmu Administrasi Matrikulasi
  Mata kuliah ini menyampaikan dasar berpikir administratif, memahami persoalan-persoalan publik dan perkembangan paradigma dalam administrasi publik.  
3. Teori Administrasi Publik Semester 1
  Mata kuliah ini merupakan kuliah tingkat lanjut yang membahas perkembangan paradigma dan teori dalam administrasi publik dari old public administration, NPM dan NPS serta menjadikannya sebagai alat analisis untuk membedah berbagai persoalan administrasi publik kontemporer.  
4. Filsafat dan Etika Administrasi Publik Semester 1
  Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjutan mempelajari etika administrasi publik serta filsafat yang mendasarinya. Dibahas juga persoalan maladministrasi dan korupsi serta upaya pemberantasannya. Disampaikan juga akuntabilitas sebagai bentuk nyata dari penerapan etika dalam sektor publik.  
5. Ekonomi Politik Pembangunan Semester 1
  Mata kuliah ini memberikan perspektif bagaimana pembangunan amat dipengaruhi oleh persoalan ekonomi-politik baik secara teoretis maupun praktis. Akan dibedah kasus-kasus pembangunan di negara-negara berkembang dan maju untuk memberikan perspektif perbandingan.  
6. Metode Penelitian Administrasi Semester 1
  Mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa untuk merancang dan melakukan penelitian dalam bidang administrasi publik dengan pendekatan kualitatif, kuantitatif maupun metode kombinasi. Mahasiswa diberikan keterampilan untuk menulis hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.  
7. Manajemen dan Inovasi Pelayanan Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pemahaman lanjutan tentang pelayanan publik dalam perspektif NPM dan NPS dan berbagai model pelayanan publik serta inovasi dalam implementasinya sehingga menghasilkan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Dibahas juga bagaimana melakukan evaluasi pelayanan publik dengan standar tertentu sebagai bentuk meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan publik.  
8. Organisasi dan Manajemen Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pengetahuan lanjutan tentang organisasi publik dan bagaimana pengelolaannya sehingga tujuan organisasi tercapai. Mata kuliah ini menjelaskan perkembangan teori organisasi, pelembagaan organisasi, perilaku organisasi, kepemimpinan organisasi dan manajemen perubahan yang dilakukan oleh organisasi sektor publik.  
9. Kebijakan Publik Semester 2
  Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjutan yang membahas proses keseluruhan kebijakan publik, mulai dari identifikasi masalah, penyusunan agenda, perumusan, implementasi, serta evaluasi dampak kebijakan. Mata kuliah ini juga menjelaskan tentang perubahan, advokasi, dan terminasi kebijakan. Dalam perkuliahan akan dibahas berbagai kasus kebijakan publik untuk bahan analisis dan memperkaya pemahaman mahasiswa.  
10. Komunikasi Organisasi Sektor Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pengatahuan bagaimana komunikasi di dalam dan antara organisasi sektor publik dengan masyarakat. Komunikasi yang baik memastikan akuntabilitas, transparansi dan partisipasi publik berjalan baik. Akan dibahas perkembangan teknologi dan media dan bagaimana hal tersebut mengubah cara berkomunikasi antara organisasi sektor publik dan masryarakat.  
11. Konsep dan Praktek Desentralisasi Semester 3
  Mata kuliah ini memberikan pengerahuan tentang konsep-konsep hubungan pusat dan daerah serta implementasinya baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Secara khusus akan dibahas perkembangan desentralisasi di Indonesia serta berbagai aspek yang menyertainya mulai dari aspek politik, tata kelola pemerintahan, dan dampaknya terhadap pembangunan dan kesejahteraan.  
12. Manajemen Keuangan Publik Semester 3
  Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melakukan pengelolaan keuangan publik dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik yaitu transparan dan akuntabel.  
13. E Governance Semester 3
  Mata kuliah ini menjelaskan dan memberikan pengetahuan tentang kebijakan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan organisasi publik sehingga pelayanan publik bisa tercapai dengan lebih baik. Kuliah akan membedah berbagai model penerapan ICT dalam pemerintahan serta implementasinya di Indonesia maupun negara-negara lain.  
14. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik Semester 3
  Mata kuliah ini menjelaskan dan memberikan pemahaman dan kemampuan mengelola Sumber daya Manusia dalam organisasi publik dalam menjawab perubahan dan tantangan internal dan eksternal. Perkuliahan akan membahas secara khusus reformasi birokrasi di Indonesia.  
15 Tesis Semester 4
  Tugas Karya Akhir bagi mahasiswa S2  
     

 

Ketua Program Studi Sekretaris Program Studi

Foto

 

Foto

 

Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati., M.Si Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si
   

 


LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

035034


Pengunjung Hari ini : 169
Total pengunjung : 35034
Hits hari ini : 537
Total Hits : 143166
Pengunjung Online : 1