Pendidikan Bahasa Indonesia

By tommy 13 Sep 2018, 10:23:45 WIB


PENDAHULUAN

            Sebagai warga bangsa, tentu kita bersepaham bahwa salah satu topangan atas tegaknya entitas Indonesia adalah bahasa Indonesia. Tanpa peran bahasa Indonesia, mungkin kita sulit membayangkan terbangunnya ikatan dan himpunan keindonesiaan yang dialasi bentangan perbedaan, baik suku, bahasa, rasa, maupun agama. Bahasa Indonesialah yang menjadi perangkat penting yang melabeli identitas kita secara nasional tanpa kehilangan identitas dan atribut lokal.

Dalam bentangan historis yang cukup panjang, bahasa Indonesia telah bertumbuh dan berkembang dalam ruang ekologis yang dinamis sehingga mampu menjadi peranti komunikasi dalam pelbagai aras dan ranah. Bahasa Indonesia pun mewadahi kepentingan penutur jati untuk menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, bahasa Indonesia bukan hanya berperan strategis dalam lokus komunikasi terbatas, tetapi juga dalam lokus fungsional yang berhubungan dengan nosi keilmuan dan profesionalisme.

Sebagai sistem dan khazanah budaya, bahasa Indonesia dipelajari dengan motif integratif dan instrumental. Penguasaan bahasa Indonesia menjadi prasyarat yang menunjang kompetensi dalam pelbagai latar keilmuan. Sejalan dengan itu, ilmu bahasa (termasuk bahasa Indonesia) dipilih oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai kepakaran dan profesi. Di antara sebagian profesi yang membutuhkan penguasaan ilmu bahasa secara mumpuni adalah pengajar bahasa (guru dan dosen) serta peneliti bahasa. Untuk memenuhi kebutuhan itu, di beberapa perguruan tinggi di Indonesia dibuka program studi bahasa, baik pendidikan maupun nonpendidikan meliputi: bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing.

Gayut dengan hal di atas, keberadaan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan respons atas kebutuhan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian ilmu dan kepakaran praktis yang segaris dengan tantangan dan tuntutan riil. Secara kontekstual, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan bagian dari institusi yang memiliki idealisme untuk turut melahirkan sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi keahlian bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya.

VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2025, menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang maju, bermutu, dan berdaya saing pada tingkat regional dan global.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia yang berpusat pada mahasiswa dengan mengembangkan pembelajaran efektif dan berbasis teknologi.

  2. Melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif di bidang pendidikan bahasa Indonesia

  3. Mengembangkan layanan pengabdian berorientasi pada pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan bahasa Indonesia.

  4. Menyelenggarakan tata pamong yang otonom, akuntabel, dan transparan

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan lulusan magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkualitas, profesional, dan maju dalam pengembangan keilmuan bahasa.

  2. Menghasilkan lulusan magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang memiliki karakter, perilaku, dan sikap sebagai pendidikdan insan ilmu yang mandiri.

  3. Menghasilkan daya dukung manajemen program studi magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang efektif.

DAFTAR DOSEN 

No. Nama Dosen Jabatan Akademik
1. Prof. Dr. Suprani, M. Pd. Guru Besar
2. Dr. H. Aceng Hasani, M. Pd. Lektor Kepala
3. Dr. H. Ediwarman, M. Pd. Lektor Kepala
4. Dr. Asep Muhyidin, S. Pd., M. Pd. Lektor Kepala
5. Dr. Odin Rosidin, S. Pd., M. Pd. Lektor Kepala
6. Dr. Dase Erwin Juansah, M. Pd. Lektor
7. Dr. Hj. Tatu Hilaliyah, M. Pd. Lektor
8. Dr. Ade Husnul Mawadah, S.S., M. Hum. Lektor
9. Dr. Firman Hadiansyah, S. Pd., M. Hum. Lektor

 


LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

040922


Pengunjung Hari ini : 63
Total pengunjung : 40922
Hits hari ini : 381
Total Hits : 173767
Pengunjung Online : 1