Pendidikan Matematika

By tommy 13 Sep 2018, 10:24:02 WIB


Pendahuluan 

Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sutan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten berdiri pada tahun 2016  dengan ijin penyelenggaran yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 281/KPT/I2016. Program Magister Pendidikan Matematika yang baru 2 tahun ini berupaya mencapai kualitas akademik yang baik, melalui peningkatan akreditasi dan proses pembelajarannya. Proses pembelajaran di program magister pendidikan matematika melalui kegiatan diskusi, penugasan, Project Based Learning, pembelajaran yang menggunakan media berbasis teknologi, kegiatan kunjungan (study visit ). Kegiatan-kegiatan mahasiswa bersama dosen untuk menunjang pengetahuan diantaranya adalah : Kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dan dosen berkolaborasi menjadi fasilitator, Kunjungan study Visit ke Singapura ke NATIONAL INSTITUTE OF EDUCATION  (NIE), Kunjungan ke Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung , Kuliah Ahl atau Pakari (mendatangkan ahli terkait dengan pembelajaran matematika dan kematematikaan baik dari dalam maupun luar negeri).

Kegiatan-kegiatan dosen dan mahasiswa yang dilakukan yaitu: 

Kolaborasi kegiatan dosen dan mahasiswa dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat
 
Kegiatan Kuliah Pakar 
 
Kegiatan kunjungan ke Perpustakaan UPI Bandung
 

STUDY  VISIT KE NATIONAL INSTITUTE OF EDUCATION  (NIE) , Nanyang Technological University (NTU),   SINGAPURA,  20-22 NOVEMBER 2017

 

Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Untirta 

Ketua Program Studi Sekretaris Program Studi
Dr. Hepsi Nindiasari, M. Pd. Dr. Nurul Anriani, S. Si., M. Pd.
   

Strutktur Organisasi Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Untirta 

 

Visi, Misi, Tujuan dan Sasasaran serta Strategi Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjan Untirta 

Visi

Pada tahun 2025, menjadi Program Studi Magister Pendidikan Matematika yang maju, bermutu, dan berdaya saing pada tingkat regional dan global.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat kepada mahasiswa dengan mengembangkan pembelajaran efektif dan berbasis teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif di bidang pendidikan matematika.
  3. Mengembangkan layanan pengabdian berorientasi pada pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan matematika.
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel dan transparan

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan magister pendidikan matematika yang mampu mengembangkan pembelajaran secara efektif.
  2. Menghasilkan lulusan magister pendidikan matematika yang mampu mengintegrasikan teknologi untuk pengembangan diri dan pembelajaran matematika.
  3. Menghasilkan produk penelitian yang berdayaguna bagi masyarakat.
  4. Menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal yang bereputasi.
  5. Mendesiminasikan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Menyediakan layanan dan menjalin kerjasama dengan masyarakat.
  7. Menciptakan pelayanan akademik yang prima dan humanis.
  8. Menjalin hubungan kerjasama di berbagai pihak baik dalam maupun luarnegeri

Sasaran dan Strategi Pencapaian 

No. Sasaran Strategi Indikator Tahun Pencapaian
1. Menghasilkan lulusan magister pendidikan matematika yang mampu mengembangkan pembelajaran secara efektif
  1. Pelaksanaan perkuliahan yang memenuhi standar
  2. Pelaksanaan Monitoring dan evaluasi perkuliahan
  1. Tersedianya Rencana Perkuliahan Semester (RPS) semua mata kuliah
  2. Kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran

2017: semua MK telah memilik RPS yang divalidasi per review 

2019: evaluasi kurikulum 

2020: revisi kurikulum minimal penilaian baik dari pasacasarjana dan mahasiswa

2. Menghasilkan lulusan magister pendidikan matematika yang mampu mengintegrasikan teknologi untuk pengembangan diri dan pembelajaran matematika Mengembangkan mata kuliah media pembelajaran yang berorientasi teknologi 

Banyaknya tugas mata kuliah yang berorientasi teknologi informasi

 

Banyaknya mata kuliah yang memfasilitasi adanya e-learning

2017: 2 MK

2018: 4 MK

2019: 6 MK

2020: 6 MK

2017: 1 MK

2018: 2 MK

2019: 4 MK 

2020: 6 MK

 

3. Menghasilkan produk penelitian yang berdaya guna bagi masyarakat Pelaksanaan penelitian terkait pembelajaran matematika di sekolah

Banyaknya penelitian pengembangan media pembelajaran 

 

 

Pengembangan model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan daya matematika

Menerbitkan jurnal ilmiah

2017: 1 buah

2018: 2 buah 

2019: 3 buah 

2020: 4 buah

2017: 2 buah

2018: 3 buah

2019: 4 buah

2020: 5 buah

 

2018: jurnal PS Magister Pendidikan Matematika Untirta 

4. Menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal yang bereputasi Banyaknya publikasi pada jurnal ilmiah 

Jurnal Nasional

 

 

 

Jurnal Nasional Terakreditasi

 

 

Jurnal Internasional

 

 

 

Jurnal Internasional Bereputasi

2017: 6 buah

2018: 8 buah

2019: 10 buah

2020: 12 buah

2017: 1 buah

2018: 8 buah

2019: 10 buah

2020: 12 buah

2017: 1 buah

2018: 2 buah

2019: 4 buah

2020: 6 buah

2017: 0 buah

2018: 1 buah

2019: 2 buah

2020: 3 buah

5. Mendesiminasikan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Banyaknya artikel yang disampaikan pada seminar/prosiding

Seminar Nasional

 

 

 

Seminar Internasional

2017: 3 buah

2018: 8 buah

2019: 10 buah

2020: 12 buah

2017: 8 buah

2018: 10 buah

2019: 12 buah

2020: 14 buah

6. Menyediakan layanan dan menjalin kerja sama dengan masyarakat Banyaknya kerja sama

Sekolah/MGMP

 

 

 

Pemerintah Daerah/ Universitas lain

2017: 6 buah

2018: 8 buah

2019: 12 buah

2020: 14 buah

2017: 4 buah

2018: 6 buah

2019: 8 buah

2020: 10 buah

7. Menciptakan pelayanan akademik yang prima dan humanis Optimalisasi sistem informasi akademik

Sistem Informasi Akademik

Sistem Administrasi

 

 

Sistem Tugas Akhir

2017: Sistem Informasi

2018: Sistem administrasi dan sistem tugas akhir

2019: Semua pelayanan akademik sudah dioptimalisasikan 

2020: idem dengan tahun 2020

8. Menjalin hubungan kerja sama di berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri Banyaknya kerja sama

Institusi Dalam Negeri

 

 

 

Institusi Luar Negeri

2017: 10 buah

2018: 12 buah

2019: 14 buah

2020: 16 buah

2017: 10 buah

2018: 12 buah

2019: 14 buah

2020: 16 buah

Kurikulum dan Mata Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Matematika

 


LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

035031


Pengunjung Hari ini : 166
Total pengunjung : 35031
Hits hari ini : 517
Total Hits : 143146
Pengunjung Online : 1